Penyebab Hirsutisme

Hirsutisme didefinisikan sebagai berlebihan dan tidak diinginkan wajah dan / atau badan (misalnya di leher, dada dan perut bagian bawah) rambut dalam formulasi seperti laki-laki. Diperkirakan bahwa itu mempengaruhi antara 5% dan 15% wanita, bervariasi sesuai dengan karakteristik. Minimal 5% dari wanita usia reproduksi menderita penyakit ini.
Ini adalah masalah umum yang menyebabkan penderitaan sosial dan psikologis yang signifikan terutama di kalangan wanita, tetapi diagnosis dan pengobatan modern yang pasti bisa mengurus masalah tersebut.
Penyebab hirsutisme
Sebelum kita merangsek ke kemungkinan penyebab hirsutisme lebih baik untuk diingat bahwa itu adalah tanda dari hiperandrogenisme.
Penyebab peningkatan tingkat androgen di hirsutisme meliputi:
hirsutisme familial dan idiopatik
Ini adalah penyebab umum hirsutisme yang dihasilkan dari kejadian-kejadian androgen perifer. Ini dimulai pada masa pubertas dan perlahan melangkah maju. Para pasien memiliki menstruasi yang normal, kadar testosteron normal, 17alpha hydroxyprogesterone dan DHEAS. Diagnosis berdiri di pengecualian.
sebab akibat idiopatik
Penyebab idiopatik memicu hirsutisme di 6% sampai 17% wanita hirsutisme. Hirsutisme terjadi di dalam tubuh dimana tingkat sirkulasi androgen dan ovulasi normal. Indikator patofisiologis yang dibesar-besarkan aktivitas perifer 5 alpha reductase, metabolisme androgen diubah atau reseptor berfungsi androgen yang berbeda.
Kelebihan sekresi oleh indung telur (Misalnya tumor, sindrom ovarium polikistik (PCOS))
Contoh yang paling umum adalah sindrom ovarium polikistik, yang mempengaruhi 6% perempuan dari kelompok usia reproduksi. Lebih dari 70% pasien dengan PCOS memiliki tanda-tanda hiperandrogenisme. Hal ini diwujudkan oleh hyperandrogenemia dan anovulasi kronis.
Sindrom Ovarium Syndrome dilambangkan dengan pembentukan kista folikel, yang terdeteksi oleh USG. PCOS adalah kombinasi dari ovarium polikistik dan gejala khas lain seperti hirsutisme, amenore atau perdarahan uterus disfungsional, infertilitas, obesitas, siklus menstruasi yang tidak teratur dan jerawat.
Hal ini lebih baik didiagnosis secara klinis daripada temuan laboratorium. Diagnosis PCOS berdasarkan pengecualian, yang berarti gangguan ini dikaitkan dengan pasien yang tubuhnya menunjukkan bukti disfungsi ovulasi didukung oleh salah satu bukti klinis atau biokimia dari hiperandrogenisme.
PCOS adalah kelainan skala luas dengan pasien mulai dari wanita memiliki siklus teratur yang memiliki hirsutisme untuk orang-orang yang anovulasi.
Kelebihan sekresi oleh kelenjar adrenal (Contohnya adalah bawaan adrenal hyperplasia (CAH), sindrom Cushing ‘s, tumor)
Kongenital hiperplasia adrenal, atau CAH, adalah gamut kelainan bawaan dari steroidogenesis adrenal. Dalam hal ini berkurang hasil produksi kortisol dalam kelebihan steroid androgenik. Gejala umum adalah jerawat, disfungsi menstruasi, hirsutisme terjadi pada masa remaja atau dewasa.
Sindrom Cushing disebabkan oleh produksi diperkuat hormon adrenokortikotropik (ACTH) oleh hipofisis, adrenal karsinoma / adrenoma atau sekresi ACTH ektopik. Gejala klinis sindrom Cushing yang cukup jelas. Orang dengan hiperplasia macronodular adalah mangsa umum untuk hirsutisme intens.
Ovarium atau adrenal androgen yang mensekresi Tumor jarang memicu hirsutisme / hiperandrogenisme. Kondisi ini ditandai dengan remote virilisasi cepat dari menarche.
Seseorang mungkin menderita Hirsutisme sebagai hasil dari menggunakan agen farmakologis eksogen termasuk testosteron, steroid anabolik dan danazol (Danocrine).
kontrasepsi oral yang mengandung norgestrel, levonorgestrel dan norethindrone cenderung untuk hasil androgenik yang lebih kuat dibandingkan dengan norgestinate, desogestrel dan diasetat ethynodiol, yang memiliki efek androgenik yang lebih rendah.
Beberapa penyebab yang jarang dari hirsutisme
• Obat: Hirsutisme dapat disebabkan oleh obat-obatan, yang merupakan sumber dari hyperprolactinamia.
• produksi lebih besar dari hormon pertumbuhan
• Hiperinsulinemia
• Hypothyroidism
Wawasan akar hirsutisme akan mempercepat langkah berani maju, menuju penyembuhan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *