Karakteristik dalam fisiologi atlet wanita

Tidak banyak pelatih pribadi dan trainee perempuan juga menyadari perbedaan antara perempuan dan fisiologi pria. Ini penting, namun, untuk profesional mengenal mereka. Dengan cara ini mereka akan dapat merancang program pelatihan yang sesuai baik kebutuhan dan requrements atlet betina. Berikut adalah karakteristik yang paling penting:

Wanita menyimpan lemak tubuh lebih mudah

Sifat belum membuat hal-hal yang mendukung perempuan sebagai datang ke akumulasi lemak tubuh. Wanita cenderung menyimpan lemak lebih mudah daripada laki-laki. Alasan utama untuk itu adalah perempuan hormon seks estrogen.

Baik pria maupun wanita menghasilkan estrogen tetapi pada pria hormon ini jauh lebih sedikit dibandingkan pada wanita. Estrogen memiliki sifat menimbun lemak, yang, karena jumlah yang lebih besar pada wanita yang jauh lebih kuat terasa. Juga karena reseptor lemak tertentu wanita distribusi cenderung menyimpan lemak terutama di bagian bawah tubuh.

Wanita menghasilkan sangat sedikit testosteron

Perbedaan fisiologis lain yang sangat penting adalah kenyataan bahwa wanita menghasilkan sedikit hormon seks laki-laki – testosteron.

Testosteron merupakan hormon anabolik, yang berarti mempromosikan keuntungan massa otot. Mengapa ini penting? Ini penting karena massa otot adalah jaringan utama yang menggunakan lemak untuk bahan bakar. Dengan kata lain massa otot lebih berarti lebih banyak kalori yang terbakar selama hari.

Juga sebagai lawan estrogen testosteron dikenal untuk menekan akumulasi lemak tubuh.

Wanita mengalami perubahan fisiologis yang disebabkan oleh siklus menstruasi mereka

Namun faktor lain di phisiology atlet wanita adalah fakta bahwa perempuan mengalami fluktuasi hormonal karena siklus menstruasi mereka.

Itulah alasan mengapa atlet kadang-kadang perempuan mungkin tidak dapat berlatih dengan intensitas yang diperlukan. Ini karena beberapa atau semua hal berikut: kram perut, mual, kembung, lekas marah, depresi.

Perempuan melalui perubahan tubuh yang mengubah signifikan selama kehamilan

Wanita mengalami perubahan biologis utama selama kehamilan. Ini adalah periode ketika tubuh wanita menghasilkan sejumlah besar hormon progesteron. Salah satu sifat utama dari hormon ini meningkat nafsu makan, yang merupakan alasan utama untuk berat badan meningkat.

Karakteristik lain dari periode yang fungsi tiroid terganggu. fungsi tiroid dilemahkan berarti metabolisme yang melambat.

Kedua efek kehamilan biasanya terus menunjukkan sifat mereka bahkan setelah melahirkan, yang membuatnya sulit bagi beberapa wanita untuk mendapatkan kembali bentuk mereka terlebih dahulu.

Ini adalah perbedaan utama antara perempuan dan laki-laki. Seperti yang saya katakan sebelumnya menyadari karakteristik dalam fisiologi perempuan adalah penting untuk administrasi pelatihan yang tepat. Selama ini fakta penting yang diambil dalam pertimbangan segala sesuatu yang lain adalah sama berlaku untuk kedua jenis kelamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *